• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Pengertian dan Contoh Spoof text


    Krumpuls - Pengertian dan Contoh Spoof text - Pengertian dan Contoh Spoof text Secara umum spoof digambarkan sebagai teks narasi yang bersumber dari kejadian faktual dimasa lampau dengan tujuan menghibur pendengar atau pembaca. Beberapa hal yang selalu muncul dalam spoof adalah hal-hal unik tentang anomali kebahasaan, seperti : joke dan idiom, atau mungkin gabungan kedua unsur tersebut. Menurut Riemer (2004 : 8) :


    “Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending. Its social function is to entertain and share the story.”

    Lalu apa bedanya spoof text dengan narrative text? Bukankah narrative text juga merupakan text yang menceritakan kejadian masa lampau dengan tujuan menghibur?


    Pengertian dan Contoh Spoof text

    Spoof Text

    Uniknya, spoof lebih menitik-beratkan kepada estetika dalam berinteraksi, lebih ringan dan lebih menghibur. Tentunya dalam cakupan yang lebih lugas. Nilai entertaining dalam teks spoof terangkum dalam paragraph tak terduga yang biasanya terdapat diakhir teks, berupa anomali bahasa yang sama sekali belum pernah di dengar pendengar atau mungkin hanya sebuah lelucon sederhana tetang hal-hal menggelitik di sekitar pembaca.

    Satu-hal yang perlu diperhatikan bahwa spoof baru dikatakan berhasil, apabila si pencerita dapat membuat si pendengar tertawa, bahkan terbahak. Maka dari itu, spoof tidak diperuntukan kepada kelompok orang dengan orientasi bahasa yang berbeda.


    Generic Structure of Spoof Text

    - Orientation
    Orientatition adalah bagian awal dari paragraph yang berjenis spoof text, dimana paragrap ini diperuntukan sebagai jawaban terhadap aspek 5W1H yang terkandung di dalam teks. Akan dijelaskan pula detail kejadian dan latar belakang si pelaku.

    - Events
    Event biasanya berisi tentang kejadian dimana sebuah peristiwa berasal. Karena tetunya sebelum menuju peristiwa inti, pembaca harus mendapat orientasi yang tepat serta penjelasan terperinci mengenai kejadian yang ada di dalam teks.

    - Twist
    Ini adalah bagian paling menarik dalam spoof teks, karena twist merupakan paragraf klimaks yang berisi beberapa kalimat tak terduga. Biasanya berupa anomali kebahasaan yang sedang populer di masyarakat, sebagai un-predictable ending Detail kecil yang justru membedakan spoof dari teks-teks lainnya.



         Language Feature of Spoof Text

    1. Focusing on people, animals or certain things
    Spoof teks biasanya berfokus kepada manusia, hewan maupun benda hidup lainnya. Karena dalam spoof teks, kejadiaan yang dikisahkan harus-lah terjadi pada seseorang, manusia ataupun hewan. Tetapi perlu diperhatikan, ketika kita ingin menggunakan hewan sebagai pelaku dalam spoof, kita tidak diperkenankan membuat kisah tersebut seolah-olah terjadi dalam dunia hewan. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir keambiguan antara spoof teks dan fable.

    2. Using action verb
    Tentu saja harus menggunakan action verb berbentuk lampau, karena kejadian yang dikisahkan sudah terjadi dalam masa lampau, contohnya : Ran, Ate, Disguised, dan lain-lain.

    3. Using adverb of time and place
    Harus pula menggunakan adverbial of time dan adverbial of place, untuk mempertegas keterangan waktu dan tempat dimana cerita sedang terjadi. Contohnya : yesterday, tommorow, above the depths dan lain-lain.

    4. Told in chronological order
    Kejadian yang diceritakan harus berurutan, bertahap, dari level terendah hingga level tertinggi. Pembaca atau pendengar harus di perkenalkan kepada detail dari seluruh kejadian secara runut untuk mengindari disorder keterangan.



        The Example of Spoof Text
    Berikut ini adalah Contoh dari Spoof text yang bisa anda baca.

    Penguin In The Park

    Once a man was walking in a park when he came across a penguin. He took him to a policeman and said, ‘ I have just found this penguin. What should I do?’ The policeman replied, ‘ take him to the zoo’.

    The next day the policeman saw the same man in the same park and the man was still carrying the penguin with him. The policeman was rather surprised and walked up to the man and asked, ‘Why are you still carrying that penguin about? Didn’t you take it to the zoo? ‘I certainly did,’ replied the man. ‘ and it was a great idea because he really enjoyed it, so today I’m taking him to the moviest!

    “That Phone is Off”

    Soon after he left college, Dave found one of his uncles who was very rich and had no children of his own died and left him a lot of money, so he decided to set up his own real estate agency. Dave found a nice office. He bought some new furniture and moved in. he had only been there for e few hours when he heard someone coming toward the door of his office. “It must be my first customer” Dave thought. He quickly picked up the telephone and pretended to be very busy answering an important  call from someone in New York who wanted to buy a big and expensive house in the country. The man knocked at the door while this was going on. He came in and waited politely for Dave to finish his conversation on the phone.

    Then the man said to Dave; “I am from the telephone company and I was sent here to connect your telephone”

    Generic Structure of Spoof Text. Spoof Text. Language Feature of Spoof Text. Contoh Spoof text. english text. narrative text, recount text. contoh dan pengertian english text


    Demikianlah artikel yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini mengenai Pengertian dan Contoh Spoof text semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Pengertian dan Contoh Spoof text

    3 komentar:

    Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.

    Fashion

    Beauty

    Travel