• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

    Krumpuls - Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat - Contoh Naskah, Materi bahasa Indonesia, Contoh Kalimat Efektif.

    Pada artikel sebelumnya saya sudah sempat menjelaskan apa yang dimaksud kalimat majemuk setara, dan kali ini saya ingin berbagi dengan Anda tentang kalimat majemuk bertingkat dimana ia masih berkaitan rapat dengan kalimat mejemuk setara.


    Pengertian kalimat majemuk bertingkat

    Kalimat majemuk bertingkat adalah sebuah kalimat hasil penggabungan dua buah kalimat tunggal atau lebih yang punya kedudukan yang berbeda. Pada kalimat majemuk bertingkat terdapat unsur induk kalimat dan anak kalimat.




    Anak kalimat timbul akibat adanya perluasan pola yang terdapat pada induk kalimat tersebut. Berdasarkan kata penghubungnya atau yang disebut dengan konjungsi, kalimat majemuk bertingkat terdiri dari sepuluh macam, yaitu:


    JENIS                    KONJUNGSI
    SYARAT                    Jika, Sendainya, Manakala, Andaikan, Asalkan
    TUJUAN                    Agar, Supaya, Biar
    PERLAWANAN    Walaupun, Bagaimanapun, Biarpun, Sekalipun
    PENYEBABAN    Sebab, Karena, Akibat
    PENGAKIBATAN     Maka, Sehingga, Lantas
    CARA                     Dengan, Tanpa
    ALAT                   , Tanpa, Sama
    PERBANDINGAN     Seperti, Bagaikan, Laksana
    PENJELASAN     Bahwa, Ternyata
    KENYATAAN     Padahal, Ternyata


    Itulah sepuluh macam dari jenis kata kalimat majemuk bertingkat. Dengan gambaran diatas tentunya Anda sudah bisa memhami dasar-dasar dari kalimat majemuk bertingkat.


    Contoh kalimat majemuk bertingkat

    Aku akan belajar dengan gigih disaat ayahku datang
    Seandainya nanti aku bisa mendapatkan ranking 1, aku akan dibelikan note book.
    Kalimat majemuk sendiri memiliki sekian banyak jenis, seperti kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat, dan juga kalimat majemuk campuran. Pengertian dan contoh kalimat-kalimat majemuk lainnya akan saya bahas pada postingan berikutnya.


    Menguasai jenis-jenis kalimat, seperti kalimat majemuk sangat penting bagi Anda yang ingin menjadi master bahasa. Meskipun keseharian kita tidak luput dari aktivitas menulisa, dan tulisan kita juga bisa dipahami, namun biasanya tetap akan meninggalkan celah manakala kita kurang memahami konteks penulisan bahasa secaa benar.


    Demikianlah artikel yang bisa saya share mengenai Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua - Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.

    Fashion

    Beauty

    Travel