• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen

    Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen - Dalam Sastra cerpen terdapat kandungan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik cerpen ialah unsur - unsur yang terdapat dalam tubuh cerpen itu sendiri. Sedangkan unsur ekstrinsik cerpen yaitu unsur - unsur pembangun diluar cerpen itu sendiri.

    Dibawah ini akan akan saya Ulas unsur - unsur intrinsik dan ekstrinsik pembentuk cerpen.


    UNSUR INTRINSIK CERPEN

    TEMA

    Tema adalah inti ide dasar dari sebuah cerpen. Dari tema tersebut bisa dibangun atau dikembangkan unsur - unsur pendukung lainnya

    SETTING

    Setting atau biasa juga disebut dengan latar biasanya berupa waktu, tempat, serta suasana yang melingkupi cerita

    PESAN

    Sebuah cerpen pasti mengandung pesan yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Pesan tersebut bisa berbentuk implisit ataupun eksplisit


    PENOKOHAN

    Penokohan menggambarkan watak - watak para tokoh yang ada dalam cerita


    SUDUT PANDANG

    Sudut pandang merupakan cara pandang pengarang cerpen yang bercerita dengan menempatkan pengarang sebagai orang pertama, orang kedua, orang ketiga, atau bahkan orang yang ada diluar cerita cerpen itu sendiri

    ALUR

    Pada sebuah cerpen, alur tidak nampak begitu jelas karen pendeknya cakupan cerita. Namun kita tetap bisa mengetahui sebuha alur dari cerpen dengan cara membagi cerita kedalam beberapa tahap.





    UNSUR EKSTRINSIK CERPEN

    LATAR BELAKANG MASYARAKAT
    Kondisi latar belakang masyarakat sangat berpengaruh terhadap terbentuknya sebuah cerpen. Pemahaman latar belakang masyarakat tersebut bisa berupa pengkajian ideologi negara, kondisi politik, kondisi sosial, hingga kondisi ekonomi masyarakat.


    LATAR BELAKANG PENGARANG
    Latar belakang pengarang bisa meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup dan juga sejarah hasil karangan - karangan sebelumnya. Latar belakang pengarang bisa terdiri dari:


    Biografi
    Biografi ini berisi riwayat hidup pengarang yang ditulis secara keseluruhan


    Kondisi Psikologis
    Kondisi psikologis ini berisi pemahaman mengenai kondisi mood serta keadaan atau latar belakang yang mengharuskan seorang pengarang menulis cerpen


    Aliran Sastra
    Seorang penulis pasti mengikuti aliran sastra tertentu. Ini berpengaruh terhadap gaya penulisan yang dipakai penulis dalam menciptakan sebuah cerpen.



    Demikianlah Ringkasan saya mengenai Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk kalian semua #aamiin :)





    Related keyword

    Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Unsur ekstrinsik cerpen. Unsur ekstrinsik adalah. Unsur unsur ekstrinsik cerpen menurut para ahli. Unsur ekstrinsik latar belakang pengarang. Unsur pembentuk ekstrinsik. Unsur ekstrinsik. Unsur ekstrinsik menurut para ahli.

    Unsur ekstrinsik novel tidak terlepas dari. Unsur ekstrinsik sastra anak. Keadaan psikologis pengarang termasuk unsur. Contoh cerpen dan unsur ekstrinsiknya. Unsur ekstrinsik cerpen menurut para ahli.


    Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen Pengertian unsur intrinsik. Unsur intrinsik cerpen. Unsur intrinsik cerpen persahabatan. Penngertian unsur ekstrinsik sastra menurut para ahli. Cerpen beserta unsur intrinsik dan ekstrinsik. Contoh cerpen dengan sudut pandang orang ketiga beserta unsur intrinsiknya. Pengertian unsur intrinsik menurut para ahli sastra. Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen.

    Info contoh cerpen beserta unsur intrinsik. Intrinsik cerpen. Unsur interinsik cerpen terbaru. Pengertian unsur unsur intrinsik. Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik menurut para ahli. Unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra menurut para ahli. Intrinsik. Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen.

    Kumpulan cerpen yang terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsiknya. Contoh unsur intrinsik cerpen. Cerpen lucu yang mengandung unsur intrinsik. Kumpulan cerpen dalam majalah dan unsur intrinsiknya. Unsur intrinsik yg terdapat pada sebuah cerpen ada berapa. Contoh kumpulan cerpen dan unsur intrinsiknya. Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen.



    10 komentar:

    1. Thanks YA Informasinya
      Semoga Blog Ini TambaH maju

      BalasHapus
    2. terima kasih. Wacana ini cukup membantu tugas yang sedang saya kerjakan.

      BalasHapus
    3. terima kasih. Inf0rmasi ini sangat membantu tugas yang sedang saya kerjakan.

      BalasHapus
    4. Makasih kak informasi ini sangat mendidik bagi saya untuk menghadapi UN

      BalasHapus
    5. thankyou kak...informasinya sangat mendidik semoga blognya makin maju amin;;)
      guys follow yaa => @Lizaaaaw (kakaotalk : Nur alizha) thankyu!!

      BalasHapus
    6. makasih yah,,,, terbantu banget

      BalasHapus

    Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.

    Fashion

    Beauty

    Travel