• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Pengertian Analytical Exposition Text


    Pengertian Analytical Exposition Text - Assalamu'alaikum sahabat Krumpuls, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Analytical Exposition Text. Seperti yang kita ketahui selama ini, jenis teks bahasa Inggris Exposition, seperti Hortatory Exposition, merupakan teks yang menunjukkan suatu perdapat atau argumen terhadap sesuatu. 

    Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan mengenai Pengertian Analytical Exposition Text berikut ini.



    Mungkin juga anda tertarik dengan artikel saya ini:
    Pembahasan Report Text Terlengkap
    9 Contoh Recount Text
    Pengertian Descriptive Text
    Pengertian Recount Text
    Pengertian Hortatory Exposition Text
    Pengertian Explanation Text
    Pengertian Present Perfect Tense
    Pengertian Present Continuous Tense




    A. Pengertian Analytical Exposition Text

    Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk ke dalam jenis Argumentation Text di mana teks tersebut berisi tentang pemikiran terperinci penulis tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang ada di sekitar. 


    B. Tujuan Komunikatif Analytical Exposition Text

    Tujuan komunikatif dari Analytical Exposition Text adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa topik yang dihadirkan adalah topik yang penting untuk dibahas atau mendapat perhatian dengan cara pemberian argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok atau topik tersebut.


    C. Struktur Kebahasaan Analytical Exposition 

    Struktur Kebahasaan Analytical Exposition Text terdiri dari tiga bagian yaitu:

    1. Thesis
    Dalam bagian Thesis, penulis memperkenalkan tentang topik atau ide pokok yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraf pertama dalam Analytical Exposition Text. 

    2. Argument
    Dalam bagian ini penulis menghadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung ide pokok penulis, biasanya dalam sebuah Analytical Exposition Text terdapat lebih dari dua argumen. Semakin banyak argumen yang ditampilkan semakin percaya pembaca bahwa topik yang dibahas oleh penulis adalah topik yang sangat penting atau membutuhkan perhatian.

    3. Reiteration
    Bagian ini merupakan bagian penutup dari sebuah Analytical Exposition Text yang selalu terletak di akhir paragraf. Reiteration berisi penulisan kembali atau penempatan kembali ide pokok yang terdapat di paragraf pertama. Reiteration juga biasa disebut dengan conclusion atau kesimpulan.



    D. Ciri Kebahasaan Analytical Exposition 

    Dalam sebuah Analytical Exposition Text, terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan seperti di bawah ini, yaitu:
    Menggunakan simple present
    Mengunakan reltional process
    Menggunakan internal conjunction
    Menggunakan casual conjuction



    E. Contoh Analytical Exposition  Text


    Untuk melengkapi dan memperkuat pemahaman anda mengenai Analytical Exposition Text, sengaja penulis sertakan contoh beserta terjemahan seperti berikut ini.



    Cars should be banned

    Thesis
    Cars should be banned in the city. As we all know, cars create pollution, and cause a lot of road deaths and other accidents.


    (Mobil harus dilarang di kota. Seperti yang kita ketahui, mobil membuat polisi dan membuat banyak kematian di jalan dan kecelakaan.)


    Argument 1
    Firstly, cars, as we all know, give contribution to the most of the pollution in the world. Cars emit deadly gas that causes illness such as bronchritis, lung cancer, and ‘triggers’ off asthma. Some of these illnesses are so bad that people can die from them.


    (Pertama, mobil, sebagai mana kita ketahui, menyumbang polusi terbanyak di dunia. Mobil mengeluarkan gas mematikan yang menyebabkan penyakit seperti bronchitis, kanker paru-paru, dan pemicu asthma. Beberapa penyakit tersebut sangatlah buruk bagi manusia yang bisa menyebabkan kematian.)


    Argument 2
    Secondly, the city is very busy. Pedestrians wander everywhere and cars commonly hit pedestrains in the city, which causes them to die. Cars today are our roads biggest killers.

    (Yang kedua, kota sangatlah sibuk. Pejalan kaki berjalan ke mana-mana dan mobil umumnya menabrak pejalan kaki di kota, yang menyebabkan kematian. Mobil hari ini adalah pembunuh terbesar di jalan.)

    Argument 3
    Thirdly, cars are very noisy. If you live in the city, you may find it hard to sleep at night, or to concentrate on your homework, and especially when you talk to someone.


    (Yang ketiga, mobil sangatlah berisik. Jika kamu tinggal di kota, kamu mungkin akan menjumpai sangat lah susah untuk tidur di malam hari atau untuk berkonsentrasi pada pekerjaan rumah kalian, dan khususnya ketika kamu berbicara kepada seseorang.)



    sekian dulu pembahasan saya pada kesempatan ini mengenai Pengertian Analytical Exposition Text walaupun sedikit semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semua.
    maaf kalau ada kesalahan penulisan atau kekurangan, mohon kritikanya.
    salaam



    Pengertian Analytical Exposition Text,Pengertian Analytical Exposition Text,Tujuan Komunikatif Analytical Exposition Text,Struktur Kebahasaan Analytical Exposition ,Ciri Kebahasaan Analytical Exposition,Contoh Analytical Exposition  Text,

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.

    Fashion

    Beauty

    Travel