• Breaking News

    Blog Pendidikan, Contoh Makalah, Contoh Naskah Drama, English Text, Contoh Resensi, Contoh Surat

    Pengertian Present Continuous Tense


    Pengertian Present Continuous Tense

    Penjelasan Present Continuous Tense 

    Present Continuous Tense atau yang sering disebut juga Present Progressive tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Present continuous Tense merupakan Tenses yang menerangkan suatu kejadian yang sedang terjadi di waktu sekarang. Beberapa ahli Grammar juga berpendapat hampir sama mengenai apa itu Present Continuous Tense. Raymond Murphy (2003: 2)misalkan, berpendapat mengenai Present Continuous Tense bahwa
    "I am doing something (Present Continuous Tense) = I am in the middle of doing something; I've started doing it and I haven't finished yet."
    "Saya sedang melakulan sesuatu (Present continuous Tense) = saya ada di tengah-tengah melakukan sesuatu; saya telah memulainya dan saya belum menyelesaikannya."


    Sedangkan menurut Michael Swan (2005: 451) berpendapat mengenai Present Continuous Tense bahwa:
    "We use the present progressive (Present Continuous Tense) to talk about temporary action and situations that are going on now or 'around now': before, during and after the the moment of speaking."
    "Kita menggunakan present progressive (Present Continuous Tense) untuk mebicarakan tentang tindakan atau situasi yang sementara yang sedang terjadi sekarang atau 'di sekitar sekarang': sebelum, selama dan sesudah waktu berbicara."

    Bety Azhar (2002: 13)juga berpendapat hampir sama seperti kedua pendapat di atas, bahwa:
    "The present progressive (Present Continuous Tense) expresses an activity that is in progress at the moment of speaking. It is a temporary activity that began in the past, is continuing at present, and will probably end at some point in the future."
    "Present Progressive (Present continuous Tense) menyatakan sebuah aktivitas yang sedang berjalan pada waktu berbicara. Present Progressive merupakan aktivitas sementara yang sudah dimulai di masa lampau, sedang berlanjut di masa sekarang dan mungkin akan berakhir di masa depan."



    Rumus Present Continuous Tense

    Di bawah ini merupakan rumus Present Continuouse Tense untuk tiga jenis kalimat, yaitu kalimat positif (Positive Sentence), kalimat tanya (Introgative Sentence), dan kalimat negatif (Negative Sentence)

    Positive (+) 
    S + To be + V-ing + O

    Introgatif (?) 
    To be + S + V-ing + O +?

    Negative (-)
    S + To be + Not + V-ing + O



    *Keterangan:

    • S : Subject 
    • To be : Kata kerja bantu (Auxiliary) untuk Present Tense adalah am/is/are. "Am" digunakan untuk "I". "Is" digunakan untuk "he/she/it". "Are" digunakan untuk "you/we/they".
    • V-ing : Kata kerja yang mendapatkan akhiran (suffix) "-ing", misalkan "Write" mendapat akhiran "-ing" menjadi "Writing". 
    • O : Object 




    Perbuahan V-ing pada Present Continuous Tense 

    Terdapat beberapa perubahan V-ing pada Present Cotinuous Tense yang harus kita perhatikan ketika kita ingin menambahkan akhiran (suffix) "-ing" pada Verb (kata kerja).

    Untuk kata kerja (Verb) berakhiran huruf mati (consonant) yang didahului oleh huruf hidup (vocal) dan dibaca satu sampai dua Syllable (pengucapan) misalnya cut, put, get, begin, occur dll, mendapatkan akahiran "-ing" dengan menggandakan huruf akhir kata kerja tersebut.
    Verb             -ing            
    Cut Cutting
    Put Putting
    Get Getting
    Begin Beginning
    Occur Occurring


    Untuk kata kerja (Verb) berakhiran huruf mati (consonant) yang didahului oleh dua huruf hidup (vocal) misalkan speak, dan read, mendapatkan akhiran "-ing" dengan menambahkannya seperti biasa.

    Verb               -ing            
    Speak Speaking
    Read Reading
    Dream Dreaming
    Rain Raining
    Fool Fooling


    Untuk kata kerja (Verb) yang berakhiran huruf "-e" misalkan serve, give, leave,emphasize , dll mendapatkan akhiran (suffix) "-ing" dengan menghilangkan huruf "-e" tersebut.

    Verb                 -ing              
    Take                 Taking
    Give                 Giving
    Serve         Serving
    Leave          Leaving#
    Emphasize Emphasizing


    Untuk kata kerja (Verb) yang berakhiran huruf "-ie" misalkan lie, die, dll mendapatkan akhiran (Suffix) "-ing" dengan mengganti akhiran "-ie" menjadi "-y".

    Verb                 -ing                  
    Die                 Dying
    Lie                 Lying

    Selain ke-4 kriteria di atas, semua kata kerja (Verb) bisa ditambahkan akhiran (suffix) "-ing" dengan tanpa ada perubahan.

    Verb               -ing                
    Tell                 Telling
    Ask                 Asking
    Study         Studying
    Buy                Buying
    Walk        Walking

    Tetapi tidak semua kata kerja (Verb) bisa digunakan dalam Present Continuous Tense, terdapat beberapa kata kerja (Verb) yang tidak biasa digunakan dalam Present Continuous Tense. Kata kerja (Verb) tersebut berupa kata kerja non-aksi (Non-action Verb) yang disebut Stative Verbs, Seperti:
    Belive, hear, know, please, see, think, feel, like, dislike, love, prefer, smell, understand, hate, gues, mean, recogenize, suppose, want, have, imagine, need, remember, taste, wish.



    Bentuk Present Continuous Tense

    Affrimative          Question                     Negative
    I am working.         Am I working?             I am not working.
    You are working.  Are you working?     You are not working.
    He is working.          Is he working?             He is not working.
    She is working.         Is she working?            She is not working.
    It is working.         Is it working?            It is not working.
    They are working. Are they working?    They are not working.
    We are working. Are we working?    We are not working.


    Penggunaan Present Continuous Tense 

    Jika kita perhatikan bersama, penjelasan dari ke tiga ahli Grammar di atas sebenarnya kita sudah bisa menarik beberapa pemahaman mengenai penggunaan Present Continuous Tense.

    1. Present Continuous Tense digunakan untuk menunjukan kejadian yang terjadi disekitar sekarang. Kejadian tersebt sudah dimulai di masa lalu, masih berlangsung di masa sekarang dan kemungkianan akan berkahir di masa depan.

    Contoh:
    a. Andi is watching TV.
    b. I am reading a novel.
    c. They are playing football.


    *Keterangan
    Kejadian a, "Andi is watching Tv" (Andi sedang menonton TV) merupkan kejadian yang terjadi di sekitar sekarang. Kejadian tersebut sudah dimulai di masa lalu, masih berlangsung di masa sekarang dan kemungkian akan berkahir di masa depan. Begitu juga yang berlak untuk kejadian b dan c.

    2. Present Continuous Tense digunakan untuk menunjukkan kejadian yang terjadi pada periode di sekitar sekarang, seperti today (hari ini), this morning (pagi ini), this week (minggu ini), dll.

    Contoh:
    a. You are studying hard today.
    b. They are palying basketball this afternoon.
    c. Susan is working hard this week.

    *Keterangan
    Kejadian a, "You are working hard today" (kamu bekerja keras hari ini) merupakan kejadian yang terjadi di periode sekarang. "Today" (hari ini) pada kejadian a, dianggap oleh penulis sebagai bentuk waktu Present (waktu sekarang) seperti halnya "now" dan "at this moment". Begitu juga untuk kejadian b dan c.

    3. Present Continuous Tense digunakan untuk menunjukan kejadian yang akan terjadi pada masa depan (future).

    Contoh:
    a. What are you doing tomorrow evening?
    b. I am going to cinema tomorrow evening.
    c. Come and see us next week if you are passing my home.

    *Keterangan
    Kejadian a, "What are you doing tomorrow evening?" (Apa yang kamu akan lakukan besok sore?) merupakan kalimat Present Continuouse Tense tetapi memiliki arti future (masa depan). Begitu juga untuk kejadian b dan c.

    4. Present Continuouse Tense digunakan untuk menunjukkan kejadian yang terjadi sementara (temporary).

    Contoh:
    a. I am living with some friends until I find a flat.
    b. You are working hard today.
    c. I am eating a bar of chocolate.

    *Keterangan
    Kejadian a, "I am living with some friends until I find a flat" (Saya tinggal bersama beberapa teman sampai saya menemukan sebuah kos-kosan) merupakan kejadian sementara. Saya memang tinggal bersama beberapa teman sekarang, tapi setelah menemukan kontrakan saya akan pindah. Jadi ketika saya tinggal bersama beberapa teman hanyalah sementara. Begitu juga untuk kejadian b dan c.

    5. Present Conitnuous Tense digunakan untuk menunjukkan kejadian yang sangat sering dilakukan tapi bukan merupakan suatu kebiasaan. Pada kalimat Present contnuouse Tense ini biasanya menambahkan "Alaways" di dalamnya.

    Contoh:
    a. I have lost my key again. I am always losing my key.
    b. Andi is always comlaining.
    c. They are always wathching movie.

    *Keterangan
    Kejadian a, "I have lost my key again. I am always losing my key." (Saya telah kehilangan kunci saya lagi. Saya sangat sering kehilangan kunci saya.) merupakan kejadian yang sangat sering dilakukan tetapi bukan merupakan suatu kebiasaan. Karena jika kejadian tersebut merupakan suatu kebiasaan, maka Present Continuouse Tense tidak tepat diguanakn pada kalimat tersebut, Simple Present Tense lah yang paling tepat. Begitu juga untuk kejadian b dan c.

    *Referensi:
    Azar, Betty Schrampfer. 2002.English Grammar : Third Edition. New York: Longman.
    Coghill, Jeffrey and Stacy Magendanz. 2003. English Grammar. New York: Wiley Publishing, Inc.
    Murphy, Raymond. 2003. English Grammar in Use. New York: Cambridge University Press.
    Swan, Michael. 2005. Practical English Usage. New York: Oxford.


    Pengertian Present Continuous Tense . Penjelasan Present Continuous Tense. Rumus Present Continuous Tense. Perbuahan V-ing pada Present Continuous Tense. Bentuk Present Continuous Tense. Penggunaan Present Continuous Tense.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar dengan sopan,tidak mengandung sara atau pun menyinggung pihak tertentu.

    Fashion

    Beauty

    Travel